PALEMBANG – Keberadaan sumber daya manusia wartawan yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam kerja jurnalistik.

Hal ini menjadi kepedulian pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) sehingga secara simultan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan di daerah ini.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar, pada acara pembukaan UKW Angkatan 27 dan Angkatan 28 yang diselenggarakan oleh PWI Sumsel bekerjasama dengan SKK Migas Sumbagsel di Hotel Santika Palembang, Senin (11/11/2019).

Menurut Firdaus, UKW yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 12 November 2019 ini diikuti oleh 60 wartawan sebagai peserta.  Mereka terbagi ke dalam sepuluh kelas dengan formasi 2-2-6, yakni 2 kelas UKW Utama, 2 kelas UKW Madya, dan 6 kelas UKW Muda.

“Mereka akan diuji secara ketat oleh tim penguji dari Pusat yang jumlahnya sembilan orang. Mudah-mudahan usai mengikuti proses UKW ini, mereka yang dinyatakan lulus nanti benar-benar menjadi sosok wartawan yang berkualitas, profesional dan berintegritas” ujarnya di hadapan tim penguji yang dikoordinatori oleh Hendri C. Bangun yang juga Wakil Ketua Dewan Pers itu.

Sementara itu, Pengurus PWI Pusat Oktaf Riady mengemukakan, pihaknya mengapresiasi gelaran UKW oleh PWI Sumsel yang mendapat dukungan dari SKK Migas Sumbagsel ini. Menurutnya, dengan UKW ini diharapkan akan semakin banyak wartawan di Indonesia yang berkompetensi.

Sebagai catatan, Oktaf juga menyebutkan jumlah wartawan Indonesia yang sudah lulus uji kompetensi saat ini mencapai 11.989 orang. Sementara di Sumsel, jumlahnya sudah mencapai kurang lebih 400 orang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Ari Pangeran menegaskan bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk mewujudkan SDM Indonesia yang unggul. Di antaranya dilakukan dengan mendukung pelaksanaan UKW bagi para wartawan di Sumsel.

“Ke depan, insya Allah kerjasama seperti ini akan terus dilanjutkan,” ujar Andi yang dalam acara ini didampingi perwakilan dari KKKS seperti PT Medco dan PT Pertamina EP 2. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *