PALEMBANG – Orientasi calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan suatu prosesi untuk menjaring seorang wartawan yang berkualitas.

“Kita berharap ke depan yang pegang kartu PWI Sumsel benar-benar seorang wartawan,” tegas Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka orientasi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa di Hotel Amaris Palembang, Kamis (7/11/2019).

Menurut Firdaus, proses selekstivitas calon anggota PWI Sumsel ini sangat penting guna mendapatkan anggota yang berkualitas, dalam arti kata memiliki idealisme dan integritas.

Dikatakan Firdaus, jika idealisme dan integritas ini dipegang maka perfomance PWI Sumsel dapat meningkat dan masyarakat serta kalangan bisnis bisa menilai jika anggota PWI Sumsel merupakan wartawan yang berkualitas.

Untuk meningkatkan kualitas para anggota PWI Sumsel, menurut Firdaus, organisasi kewartawanan ini melakukan berbagai kegiatan. Salah satu coacling clinic mengenai tata bahasa dalam dunia kejurnalistikan hingga Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Di samping itu, tahun 2020 nanti, PWI Sumsel akan menggelar Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) dan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Lubuklinggau.

Firdaus menambahkan seyogianya kegiatan orientasi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa ini, para peserta dipungut biaya. Namun untuk kali ini tidak dipungut dana karena seluruh biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Suasana pembukaan orientasi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa di Hotel Amaris Palembang, Kamis (7/11/2019).

 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi Anwar Sy Rasuan melaporkan pelaksanaan orientasi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa diikuti 85 peserta dari Kabupaten OKI, Kota Prabumulih, Banyuasin, Muaraenim, Lahat, PALI, dan Kabupaten OKU Selatan.

Menurutnya, orientasi ini merupakan yang ketujuh kali digelar dalam periode kepengurusan PWI Sumsel 2019-2024. Hal ini suatu kebanggaan dalam kepengurusan yang baru berjalan delapan bulan ini, namun sudah menggelar berbagai kegiatan.

Dikatakan Anwar, peserta orientasi kali ini akan diuji oleh tujuh tim penguji yang berasal dari pengurus PWI Sumsel.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan untuk seluruh penguji untuk selektif dalam menjaring calon anggota PWI Sumsel. “Siapapun peserta yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak diluluskan,” tegasnya.

Anwar menandaskan selektifitas ini begitu penting karena orientasi ini untuk mengukur kemampuan peserta apakah hanya ikut-ikutan, apakah hanya calon wartawan, atau memang benar-benar seorang wartawan. “Di orientasi inilah kemampuan peserta akan diuji,” tandasnya lagi.

Pembukaan orientasi calon anggota PWI yang baru maupun peningkatan status dari muda ke biasa ini dihadiri Ketua DKP PWI Sumsel H Kurnati Abdullah, Sekretaris DKP Ruslan Ismail, dan jajaran pengurus harian PWI Sumsel. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *